Ramadhan

 

 

 

 

 

 

Dreamer@26 – Tidak terasa kita telah sampai pada bulan Sya’ban itu artinya tidak lama lagi kita akan menyambutbulan Ramadhan. Sudah seberapa besar persiapan Kita untuk menjalani tantangan dari Allah SWT ? insya Allah akan Kita temui kurang dari 1 minggu lagi.
Seperti kita tahu bulan Ramadhan adalah bulan yang mewajibkan umat muslim untuk melaksanakan ( mampu tanpa halangan seperti sakit )ibadah puasa.
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)
Tentunya bulan ini sangat ditunggu oleh umat muslim diseluruh bagian bumi manapun, selain sifatnya wajib Allah menjanjikan ribuan nikmat didalamnya.Penulis berpesan khususnya untuk diri penulis sendiri untuk melakasanakan puasa tahun 1433 Hijriyah ini dengan maksimal, berpikirlah bahwa Ramadhan kali ini adalah Ramadhan terakhir bagi Kita, karena kita tidak tahu kapan Allah akan memanggil kita, mungkin menit ini, hari ini, esok hari, setelah Ramadhan, Kita tidak pernah tahu hal itu yang pasti hanya Allah yang berhak menentukannya. Tugas Kita melaksanakannya perintahnya dan menjauhi larangannya dengan sebaik mungkin.Sudah sepatutnya Kita melaksanakan dan mempersiapkan Bulan Ramadhan yang baik ini dengan kegiatan yang baik pula. Ada beberapa hal yang perlu di persiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan,

1. Hati atau Ruhiyah

      Persiapan Ruhiyah dalam menyambut bulan Ramadhan sangatlah penting, hati merupakan pusat munculnya niat. Perbuatan baik dan buruk bermula dari hati, oleh karena itu sudah sepantasnya kita menyucikan hati dari hal-hal yang menjauhkan dari Allah. Mengobati penyakit-penyakit hati yang menghuni hati tanpa kita sadari, sehingga Kita memiliki Start yang baik saat menjalankan ibadah puasa nanti. Alasan utama mengapa kita harus membersihkan hati karena Allah telah berfirman didalam Al-Quran

“Dan beruntunglah orang yang menyucikan jiwanya”

    (Asy-Syams:9).

2. Fisik

      Dalam melaksanakan puasa tentunya diperlukan tubuh yang sehat. Tanpa hal itu Kita tidak dapat menjalankan puasa dengan nyaman, bahkan kita banyak menghabiskan hari diatas tempat tidur jika tubuh tidah sehat. Untuk itu kita harus mempersiapkan fisik dengan berolahraga, makan-makanan bergizi dan teratur, serta istirahat yang cukup.

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada mukmin yang lemah”

    (HR.Muslim, Baihaki, Ibnu Majah)

3. Melakukan Ibadah Sunnah

    Dengan terbiasa melaksanakan ibadah sunnah terutama puasa sunnnah Kita tidak akan terkejut saat melaksanakan ibadah tersebut dalam bulan Ramadhan. Karena kita tahu akvitas yang sudah menjadi kebiasaan tidak akan memnjadi beban. Tentunya masih banyak ibadah sunnah lain seperti sholat ,membaca Al-Quran, bersedekah dan lain sebagainya.

4. Ilmu

      Persiapan dalam menghadapi bulan Ramadhan akan lebih baik jika Kita mengetahui ilmunya. Allah berfirman

“…niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

      (QS. Al Mujaadilah:11)

 

    Dalam memambah ilmu dapat kita peroleh dari media cetak, media elekronik, bertanya dalam pengajian atau datang pada ustadz.

Tentunya masih ada persiapan yang lain yang belum disebutkan diatas, terlepas dari kekurangan itu semoga artikel ini dapat mengingatkan kita untuk mempersiapkan perjalanan mencari ridho Allah SWT. Sebagai penutup penulis mengucapkan selamat menyambut bulan Ramadhan 1433 H, semoga kita diberikan kesehatan untuk berjumpa dengan bulan yang mulia itu dan dapat melaksanakannya dengan maksimal.
Amin.